Mie Ayam Bumbu Komplit

image

Mie ayamnya pucat karena kurang kunyit

Kali ini bikin mie ayam dengan rempah lengkap dan original dari Indonesia. Ada lengkuas batangan, ketumbar butiran, dan bawang merah siungan. Bahkan saya tambahkan sedikit daun jeruk supaya wangi. Tapi sayangnya, kunyit bubuk ternyata tinggal sedikit, jadi hasilnya kurang kuning, agak pucat. Eeeh pas udah jadi baru ingat kalau masih punya kunyit kering yang dikasih Bu Peny duluuuuuu banget, hehehe. Selain kekurangan kunyit, saat itu juga lagi kekurangan sawi, karena memang ga planning menu ini, tetiba aja pengen. Jadilah sawi diganti bayam salad. Enak juga, ga kayak bayam. Overall, untuk rasa, alhamdulillah enak dan gurih berempah, tanpa tambahan penguat rasa ataupun kaldu instan.

Resepnya langsung diadopsi dari resepnya Ummu Fatima. Salah satu yang saya suka dari resep resep beliau adalah, pilihan bahannya yang alami, jauh dari bahan-bahan buatan seperti kaldu instan, vetsin, bahkan baking powder dan baking soda. Kalau saya sih kadang masih pake kalo darurat, hehe. Oke deh, langsung aja ya ke resepnya (langsung dicopy dari blog beliau).

Mie Ayam
By Ummu Fatima

Bahan:
1/2 kg daging ayam boneless, rebus dg 1500ml air. sisihkan kaldunya untuk kuah
250 gr mie kering, rebus dan tiriskan. beri minyak sayur 1 sdm, aduk. (kali ini sy pakai mie basah, blansir/siram dg air panas)
1 ikat sawi, potong2. rebus dan tiriskan.
minyak goreng utk menumis bumbu

Bumbu halus, tumis hingga harum :
5 siung bawang putih
6 bh bawang merah
5 butir kemiri
1 ruas (1 ibu jari) kunyit
3 cm jahe
3-4 cm lengkuas
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk

Bumbu tumisan ayam :
1/2 bagian tumisan bumbu halus
3 sendok sayur air kaldu ayam atau secukupnya
kecap manis secukupnya
garam dan gula secukupnya

Bahan kuah :
1/2 bagian tumisan bumbu halus
1250 ml kaldu ayam (air rebusan ayam)
garam secukupnya
sejumput gula
Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus hingga harum, bagi menjadi 2 bagian, separuh dipakai utk bumbu tumisan ayam, separuhnya lagi utk bumbu kuah.
2. Tumisan ayam : Potong kecil2 ayam yg sudah di rebus tadi. Panaskan minyak di wajan, masukkan separuh bagian tumisan bumbu halus. Masukkan potongan2 ayam . Tuangi air kaldu ayam. Tambahkan kecap manis, bila perlu tambahkan merica bubuk, garam dan gula secukupnya.  Cicipi rasanya. Untuk rasa tumisannya ini, sedikit asin dominan manis. Jika bumbu sudah meresap pada ayam, matikan api.
3. Kuah Mie : Didihkan kaldu ayam, masukkan separuh tumisan bumbu halus. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Untuk kuah, rasanya dominan asin. Angkat.
4. Penyajian : tuang mie pada mangkuk, tambahkan kuah mie, aduk rata. Tambahkan sawi rebus dan tumisan ayam diatasnya. Sajikan dg saus sambal ^^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s