Kaka dan Bahasa

image

Kadang Bunda khawatir, perkembangan mother language Kaka terganggu karena dia mulai sekolah berbahasa asing di usianya 2 tahun.. Saat dimana Kaka baru saja pandai merangkai kata menjadi kalimat. Kaka mulai bisa membuat kalimat di usia 22 bulan. Saya khawatir, vocabulary bahasa Indonesia yang dia kuasai tidak sebanyak anak Indonesia pada umumnya.

Atas kehendak Allah, ternyata Kaka semakin lancar berbahasa Indonesia, semakin banyak kosakatanya, bahkan mengolah informasi dari 2 bahasa, sungguh di luar ekspektasi. Bagaimana dengan bahasa Jepangnya? Tidak butuh waktu lama untuk Kaka memahami instruksi-instruksi dan percakapan di sekolahnya. Namun untuk bicara, masih malu-malu. Satu dua kata, bernyanyi, atau berbicara dengan temannya, itu yang sering dilaporkan Sensei. Ya memang, yang bisa mengevaluasi Sensei, karena jika dengan ortunya, Kaka hanya 1-2 kata nyeletuk dalam bahasa Jepang.

Meanwhile, dua minggu belakangan, Kaka lagi suka nyanyi sendiri lagu yang diajarkan di hoikuen, seperti lagu “Churippu” (bunga tulip) dan “Koinobori” (gada-gada ikan koi). Dan ternyata bukan di rumah saja, di sekolah pun Kaka suka tiba-tiba nyanyi Churippu (laporan Sensei-nya). Yang lucu, baik Bunda maupun Sensei sama-sama menyadari kalau Kaka ngarang liriknya, dan mixed dengan bahasa Indonesia, kira-kira jadi begini liriknya: “arata.. sakura.. churippu.. jatuh di jalanan.. ketabrak mobil” (*^▽^)/★*☆♪

Yang paling pesat adalah kemampuan mengolah informasi dan berdiskusi. Tadi pagi saat Bunda masak, Kaka gelendotan di kaki Bunda sambil mainin rok Bunda, lalu nyeletuk: “Ayah laki-laki ya, Bunda?”, “Iya sayang, kalau Bunda perempuan. Sensei?”, “Peempuan!”,”Pintar..”

Mungkin saat mainin rok, dia jadi ingat dulu Bunda pernah cerita kalau laki-laki ga pake rok:)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s