Menata Oshire

image

Oshire

Masih ingat tempat tidur doraemon? Nah itulah oshire. Oshire adalah lemari khas Jepang yang menyatu dengan bangunan rumah. Idenya simple. Dia akan terlihat seperti pintu dorong, di dalamnya hanyalah ruang yang disekat secara horizontal sehingga membentuk lemari besar dengan rak. Oshire dipakai untuk menyimpan segala macam benda, mulai dari pakaian, selimut, rak buku, koper, kardus bekas, hingga futon (matras tidur khas Jepang), that’s why doraemon pun bisa tidur di dalamnya.

Awal menempati apato, barang kami masih sedikit. Sehingga isi oshire hanyalah koper, tumpukan baju, buku, tas. Seiring waktu kami melalui berbagai musim, bertambahlah pakaian sesuai musim, jaket dan perlengkapan menghadapi musim, bertambah pula pakaian dan perlengkapan Kaka seiring bertambahnya usia. Jadilah isi oshire mulai berantakan. Akhirnya kami membeli container container plastik di toko reuse, hanger, dan box box cantik. Container kami beli dengan harga 150 ¥ per pcs. Box cantik dengan harga 108 – 216 ¥ , sedangkan hanger seharga 108 ¥. Lumayan murah kan.

Supaya hemat, koper koper juga digunakan untuk tempat pakaian, tas bedcover juga kami isi jaket jaket yang belum kami perlukan sebelum winter. Jadi, antara container dan koper, isinya akan diswitch sesuai musim. Yang belum dipakai ditaruh di koper. Sedangkan yang akan dipakai ditaruh di container. Jaket jaket Kaka dan pakaian formalnya Kaka digantung di hanger stick. Untungnya kalau beli pakaian di Nishimatsuya, gantungan bajunya juga dikasih, ukuran anak anak pula. Jadi tinggal langsung gantung di hanger stick. Satu hanger stick kuat menahan beban hingga 1,5 kg, kira-kira 5 buah jaket Kaka atau 3 buah bolero bunda.

Lemari paling atas berisi kardu kardus yang tidak terpakai, peralatan olah raga ayah, mainan yang sudah jarang dilirik Kaka, dan barang barang yang sedang tidak dipakai di musim itu, seperti pemanas dan humidifier. Tapi lemari atas ini lumayan tinggi. Bunda mesti naik oshire bawah untuk meraih bagian dalam lemari atas. Well, seru juga sih prinsipnya simple. Jadi ga perlu beli lemari, dan ruangan jadi terasa lebih lega. Selain itu, bisa menutup aib sementara, misalnya rumah lagi berantakan, udah deh, semua yang berceceran masukin dulu aja ke oshire, apa aja pasti bisa masuk, kecuali lemari dan kulkas, hahaha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s