Cooking Class for Indonesian Culinary

image

Cooking Class 17-01-15

Hari ini, 17 Januari 2015, highlighted date in my notes. Karena jauh jauh hari Bu Beta sudah request bunda untuk bantu jadi instruktur masak indonesian food di KIA ComCity. Jadi ceritanya, Sasaki Sensei yang sering diundang acara makan makan keluarga PPI Kitakyushu, inisiatif mengadakan cooking class oleh Bu Beta dkk. Mungkin terkesan dengan masakan kita kali yaa, hihi. Nah kebetulan pula dia baru pulang dari Surabaya, jadi dia request soto lamongan.

Jadilah H-2 kita baru omongin menu lain dan resep, menyamakan persepsi. Misalnya bunda biasa pakai jahe untuk soto, Bu Beta engga, dan sebaliknya biasanya bunda pakai daun salam, Bu Beta malah sereh. Menu lain yang disepakati akhirnya nasi liwet dan telur balado. Eits, untuk telur balado, kita ga pakai cabe, tapi pakai sweet and chili sauce plus cabe kering. Telurnya pun direbus saja, mengingat nihongjin jarang yang suka deep fried.

Sebenarnya ini sudah sebulan sebelumnya dibicarakan di antara ibu ibu yatai, tapi banyak yang berhalangan. Jadilah akhirnya cuma kita berdua aja yang urus. Jam 10.20 kita berangkat, sebelum jam 11 kita sudah sampai. Acaranya jam 11 sampai jam 1 saja, walau mereka request sampai jam 2, karena Kaka kun dan ayahnya lagi sakit di rumah, Adya chan juga lagi checkup ke dokter karena mumps. Ini kita berdua sebenarnya pikirannya sedang ga disini..

Kita sudah samakan persepsi kalau masaknya dengan metode yang simplified, khas Jepang yang ga ribet. Contoh, kemiri cuma dikeprek dan digerus dengan sendok. Bawang-bawang cukup dirajang. Ketumbar, laos, jahe, kunyit, semua sudah dalam bentuk bubuk. Urutannya pun ada yang diubah. Misal untuk soto, kita tumis semua bumbu di atas panci terlebih dahulu, kemudian baru tuang air, setelah mendidih baru masukan ayam, lalu ditunggu 15 menit. Setelah itu, toge dan bihun langsung cemplung. Got it? Intinya meminimalisir wajan dan alat, minim cucian! Terakhir taburi daun bawang. And finished!

Total kita cuma butuh 1,5 jam untuk pengenalan bumbu, merajang bumbu, masak, dan beres-beres. Jam 12.30 sudah siap itadakimasu! Ga lama ngobrol di meja makan, kita langsung izin duluan. Wusshhh… *ini nulisnya juga buru buru, yang penting mengikat memorinya dulu di blog. Hehehe…

So the above image, is the only photographs that we had!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s