Pandan Ogura Cake

image

Pandan Ogura Cake

Lagi, bunda dibuat penasaran dengan menu snack Kaka hari itu. Ogura cake. Hemmm.. seperti apa sih penampakannya.. Setelah googling dengan keyword Ogura cake, hoaaaa.. ternyata mirip chiffon cake. Dari penampakan sangat mirip chiffon cake, hanya saja Ogura terlihat lebih moist. Di Jepang biasanya dijual dengan bentuk persegi panjang, dan berwarna kuning (tanpa tambahan rasa). Wah ini mah bunda pernah beli di Maxvalue, Ogura cake merk Aeon, rasanya memang mirip chiffon cake, namun lebih moist dan lebih padat.

Membandingkan cara pembuatannya, juga mirip sekali. Keduanya sama-sama menggunakan teknik pemisahan kuning dan putih telur (split eggs). Putih telur dikocok sampai firm, lalu saat menggabungkan dengan adonan kuning telur, caranya dengan teknik folding (aduk lipat/aduk balik). Setelah matang, kue jangan dikeluarkan langsung, melainkan tetap di dalam oven (sudah off) sekitar 15-20 menit dan sedikit dibuka. Setelah itu, kue beserta loyang dibalik, agar kue tidak amblas, mengembang ke atas. Jika kita memakai loyang chiffon cake (loyang bulat yang tengahnya bolong), dengan mudah kita dapat membalik loyang dengan menggantungnya di botol kecap. Jadi, leher botol masuk ke lingkaran tengah loyang. Kebayang yaaa..

Nah yang membedakan adalah, Ogura cake menggunakan teknik steam bake alias au bain marie, teknik yang sering digunakan di Jepang untuk membuat cake-cake lembut seperti Japanese Cheesecake. Secara teknis, teknik steam bake dilakukan dengan mewadahkan loyang adonan di atas wadah berisi air panas saat proses pemanggangan berlangsung. Air panas diisi kira-kira dengan ketinggian 1/2 dari tinggi loyang adonan. Lalu supaya air ini tidak rembes ke dalam loyang adonan, loyang adonan bisa dilapisi alumunium foil pada bagian luarnya. Pastikan pula, airnya tidak habis sebelum matang, bisa ditambahkan ketika proses pemanggangan. Air panas yang dipanggang ini yang membuat kue menjadi lembut, moist, dan tidak kering pada bagian pinggirannya.

Panjang lebar begini, ternyata bunda lupa membalik kue setelah matang, hadeeeh.. saking senangnya berhasil, pikirannya cuma mau lekas mencicipi, hehehe…

Pandan Ogura Cake

Resep asli dari blog auntyyoung.blogspot.jp

Bahan 1
5 kuning telur
1 telur
1/4 sdt garam
60 g minyak goreng
80 g air sari pandan (larutan pasta pandan)
20 g santan
75 g all purpose flour

Bahan 2
5 putih telur
80 g gula pasir

Cara
1. Kocok bahan 1 kecuali tepung. Ayak tepung ke dalam adonan bahan 1, sambil kocok ringan hingga tercampur rata.

2. Kocok putih telur dan gula hingga kaku. Cirinya, ketika wadah dibalik, meringue tidak akan tumpah. Atau ketika mixer diangkat, adonan membentuk jambul.

3. Campur adonan 1 dan 2 dengan teknik aduk balik.

4. Tuang ke dalam loyang beralaskan baking paper. Hentak-hentak loyang agar udara yang terperangkap dalam adonan keluar.

5. Letakan loyang ke dalam wadah berisi air panas, panggang pada 160 derajat C selama 30 menit. Kemudian turunkan menjadi 150 derajat C selama 15 menit atau hingga permukaan atas kecoklatan.

6. Setelah selesai, matikan oven dan biarkan kue tetap di dalam dengan pintu oven sedikit terbuka. Setelah 15-20 menit, keluarkan, balik kue, dan biarkan dingin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s