Coconut Butter Mochi

image

Coconut Butter Mochi

Dalam rangka uji coba kemultifungsian breadmaker, sore ini bunda bikin coconut butter mochi yang diambil dari resep website zojirushi. Kalau dilihat dari adonan dan foto hasilnya, mirip seperti wingko babat yang pernah bunda buat lebaran kemarin.

Jadi ceritanya, waktu mau bikin wingko babat, bunda salah beli tepung. Sebelumnya beli di Sunny hasilnya enak, mirip wingko asli. Tapi tepungnya agak mahal, 250 gr harganya hampir 300 yen. Nah pas mau lebaran ini bunda beli di Trial, harga sekitar 100 yen. Dan ternyata ini tepung mochi (mochiko), jadi tekstur wingkonya lebih lembut, mirip mochi dipanggang. Sampai sekarang belum tau tuh apa bedanya kedua tepung itu. Yang jelas untuk wingko teksturnya lebih kasar. Mungkin tepung ketan ya kalau di Indonesia.

Resep ini praktis sekali. Cukup cemplung semua bahan ke breadmaker, tekan menu cake, tunggu sampai matang. Di breadmaker saya, menu cake durasinya 1 jam 15 menit. Ternyata ngaduk adonannya ga sampai 15 menit, sudah masuk tahap panggang. Aroma wangi butter dan kelapa semerbak di ruangan. Ketika selesai, langsung dibalik meluncur mulus dari wadah breadmaker yang berlapis antilengket itu. Hasilnya, kudapan yang padat gizi, manis gurih dan cukup mengenyangkan. Ini dia resepnya.

image

Butter Mochi

Coconut Butter Mochi

1 telur
3/4 cup susu
2 sdm butter, dilelehkan
2/3 cup gula
3/4 cup mochiko (sweet rice flour)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanilla extract
1/2 cup kelapa kering

Masukan satu per satu bahan kecuali kelapa (sesuai urutan tulisan), aduk rata. Tabur permukaannya dengan sebagian kelapa (kira-kira setengahnya). Panggang. Setengah jalan, tabur permukaan dengan sisa kelapa.

Note:
– saya panggang di breadmaker dengan menu cake. Bisa di oven 170 dercel selama 30 menit (cek kematangan ya). Atau hepikol. Sepertinya bisa juga di ricecooker (beberapa kali cook, belum nyoba)
– kalau susu diganti santan, tepungnya pake tepung ketan, kelapa diaduk jadi satu, terus atas oles telur, jadi wingko deh.

Iklan

2 thoughts on “Coconut Butter Mochi

  1. Assalamualaykum
    Aku mau tnya blh? Kl di indo cari tepung mochiko dmn ya? Kl dr jepang kirim tepung mochiko mahal ongkir ya pastinya hehhe. Kmrn pgn bgt bikin mochi dr tpung mochiko tp susah cari yg jual tepung itu. Mnta bantuannya ya mba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s